Jumat, 28 September 2012

Sejarah Singkat Kartun SpOnGeBob sQuarpANtS

Sejarah Singkat Kartun Spongebob Squarepants [ www.BlogApaAja.com ]

SpongeBob SquarePants adalah sebuah serialfilm animasi yang paling populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun iniditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat dan dicipta oleh StephenHillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, dan diterbitkan olehperusahaan beliau, United Plankton Pictures Inc. Seri kartun ini ditayangkan diMalaysia menerusi saluran Nickelodeon dan TV3, dan juga melalui saluran TV9yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu.

Di Indonesia serial ini dipopulerkan olehLativi (sekarang TvOne), kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi olehNickelodeon dibeli oleh Global TV. Kartun ini diciptakan oleh seorang ahlibiologi laut dan animator Stephen Hillenburg dan lalu dirilis melaluiperusahaannya United Plankton Pictures Inc. Serial ini settingnya berada diSamudra Pasifik di kota Bikini Bottom.

Latar


Sejarah Singkat Kartun Spongebob Squarepants [ www.BlogApaAja.com ]

SpongeBob SquarePants ialah seekor spons yangtinggal dalam sebuah rumah nanas dalam laut di kota Bikini Bottom, manakalatetanggannya Squidward Tentacles ialah seekor gurita yang tinggal dalam rumahmoai. Tetangga SpongeBob yang lain dan teman akrabnya, Patrick Star seekorbintang laut merah muda, tinggal di bawah sebuah batu. Rumah Squidward terletakdi antara rumah Spongebob dan rumah Patrick, dan inilah yang meresahkanSquidward.

SpongeBob dan kawan-kawannya tinggal di kotaBikini Bottom dalam lautan Pasifik. Bikini Bottom dilihatkan sebagai sebuahkota biasa dengan pusat kota, pinggir kota, kawasan pantai, lapangan terbang,rangkaian bunga laut dan taman hiburan sendiri. Stephen Hillenburg pernahberkata bahawa Bikini Bottom direka lebih kurang berdasarkan kota Seattle,Washington.

Hewan peliharaan SpongeBob ialah seekor siputlaut bernama Gary, yang "mengeong" seperti kucing. Meskipun tidakbanyak berbicara (kecuali dalam beberapa episode), watak-watak lain kelihatanmampu memahaminya. Tambahan pula, cacing laut menyalak seperti anjing dandirantai. Ubur-ubur disamakan dengan lebah; bunyi desas-desus, sengatan bisa(tetapi kelihatan seperti kejutan elektrik), dan menghasilkan "jeli"yang lezat, memperolok-olok nama "jellyfish" sambil membandingkanjeli dengan madu lebah. Ikan berperan sebagai warga kota tetapi tidak dijadikantokoh penting.

SpongeBob yang penyerap, kuning, dan berlubangini, bekerja sebagai juru masak di Krusty Krab, sebuah restoran makanan cepatsaji, dimana Squidward juga bekerja sebagai kasir. Krusty Krab dimiliki EugeneH. Krabs (Mr. Krabs). Sheldon J. Plankton adalah musuh bebuyutan Krabs yangmemiliki sebuah restoran makanan cepat saji bertaraf rendah bernama The ChumBucket yang terletak berhadapan Krusty Krab. The Chum Bucket seolah-olah tidakpernah dikunjungi pelanggan, dan Plankton meluangkan kebanyakan waktunya untukmerancang peralatan untuk mencuri resep burger Krabby Patty milik Mr. Krabs.Plankton hanya berhasil mencuri resep itu dalam The Spongebob SquarepantsMovie; formulanya tidak pernah diperlihatkan kepada penonton. Istri komputerPlankton, Karen, kadang-kala membantunya dalam rancangan jahatnya ataubertengkar dengannya.

Satu lagi kawan SpongeBob ialah Sandy Cheeks,seekor tupai yang berasal dari Texas dan tinggal di dalam kubah anti-air diBikini Bottom. Dia diantar ke dalam lautan oleh majikan-majikannya yang berupasimpanse. Ketika di luar kubahnya, dia memakai baju seperti Astronot.

Penduduk Bikini Bottom mengendarai kapalseolah-olah mobil. SpongeBob masih belajar dalam sekolah mengemudi setelahgagal dalam ujian mengemudi (ada 2 versi tentang ketidaklulusan ini,yaitu 58 kali(menurutepisode"Drive to Tears"),dan 1.000.006 kali(menurutepisode"Mrs.Puff,you Fired"). Setiap pergerakan menghasilkangelembung untuk mengingkatkan penonton bahawa cerita ini berlatarkan lautan.Namun begitu, terdapat babak-babak di mana terdapat selapisan air yangberasingan daripada air lautan (seperti adanya pantai) dan api bisa dinyalakandalam lautan.

0 komentar:

Posting Komentar