Sabtu, 29 September 2012

Sejarah Singkat Penemuan Mobil

Tahukah Sobat,,,,.
Sejarah mobil dimulai pada tahun 1769. Penemuan mesin uap membuat mobil bertenaga uap bisa diwujudkan.
1806 merupakan tahun dimana mobil berbahan bakar gas dengan pembakaran internal diperkenalkan. Tapi baru tahun 1885 mobil bensin modern dengan pembakaran internal mulai dirilis.

Mungkin mengejutkan bahwa mobil dengan tenaga listrik membuat penampilan pertama mereka di sekitar tahun 1900, tapi kemudian menghilang sampai sekarang.

Mobil listrik baru muncul kembali setelah isu polusi menjadi perhatian serius dewasa ini.
Upaya pertama untuk membuat mobil listrik diawali tahun 1838, ketika sebuah lokomotif listrik yang mampu berjalan dengan kecepatan 7 km/jam dibangun oleh Robert Davidson, seseorang berkebangsaan Skotlandia.

Menariknya, mobil dengan mekanisme pembakaran internal pertama justru berbahan bakar gas, bukan bensin.

Sebuah mesin pembakaran internal yang berbahan bakar campuran oksigen dan hidrogen, misalnya, dibangun oleh insinyur Swiss François Isaac de Rivaz pada tahun 1806.

Kemajuan signifikan dibuat di Inggris pada tahun 1895 ketika mobil 4WD pertama berbahan bakar bensin dibuat di Birmingham oleh Frederick William Lanchester.
Setelah itu, industri otomotif mulai bermunculan di banyak negara, namun belum ada standar yang jelas untuk arsitektur atau menkanisme kontrol kendaraan. Mobil juga masih merupakan barang mahal yang hanya dimiliki segelintir orang.
Ledakan produksi terjadi pada tahun 1908 ketika Ford Model T mulai memasuki masa produksi. Mobil mulai lebih terjangkau dan jumlahnya pun mulai melimpah.
Setelah itu, laju perkembangan mobil seakan tak terbendung. Kini, mobil modern sudah dilengkapi dengan sistem navigasi satelit hingga paket entertainmen lengkap serta kenyaman dan keamanan yang semakin meningkat pula.

0 komentar:

Posting Komentar