Rabu, 19 September 2012

Sejarah Headphone

Sejarah Headphone

Pasti sobat semua udah tau ama benda yang namanya Headphone kan???
Headphone banyak dipakai untuk berbagai macam kebutuhan,mulai dari ndengerin musik atau untuk menelepon,namun tahukah sobat semua bagaimana sebenarnya awal penemuan headphone???
Amplifier sebagai awal dari Headphone
Thomas Edison
Amplifier pertama kali ditemukan oleh berbagai usaha dari ilmuwan terkenal seperti Thomas Edison.Kita tahu bahwa Thomas Edison merupakan penemu bola lampu yang tersohor itu.Pada awalnya Ia bereksperimen untuk menghentikan perpindahan dari partikel filament karbon yang dipanaskan menuju ke tengah bola lampu.Ia ternyata tidak menyadari bahwa pada bola lampu tersebut terjadi proses pembentukan electron yang melewati logam dan filament pada bola lampu tersebut.Dari eksperimen tersebut, para ilmuwan lainnya seperti John Ambrose Fleming memodifikasi penemuan Edison sehingga dapat menerima sinyal radio.
Amplifier Pertama
Setelah itu,ilmuwan Amerika Lee De Forest menambahkan elemen ketiga pada alat milik Fleming yang membentuk kisi-kisi arus langsung yang ia sebut sebagai Audion atau Triode, yang diketahui oleh Edwin Howard Armstrong, dapat merubah arus yang kuat menjadi gelombang suara pada loudspeaker yang pada akhirnya amplifier diciptakan!
Penemuan Headphone
John C. Koss
Headphone sendiri adalah versi miniature dari loudspeaker yang pada awalnya ditemukan pada tahun 1958 oleh John C. Koss, seorang audiophile dan pemusik Jazz.Sebelumnya,headphone hanya digunakan dalam industri dan untuk operator telepon.
Saat ia membawa headphone ciptaannya pada suatu pertunjukan di tempat tinggalnya pada bulan November,yang justru menarik perhatian pengunjung adalah headphone miliknya tersebut,sehingga menjadi suatu booming pada masanya.Idenya berhasil sampai-sampai perusahaan Jepang mendesain headphone sesuai milik Koss dan berkembang terus sampai sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar