Selasa, 20 November 2012

Wah, Rumah Purbakala Berusia 10.000 Tahun Masih Utuh


detail berita
Ilustrasi (Foto: BBC)
EDINBURGH - Arkeolog temukan sisa-sisa rumah purbakala yang ada di daratan Skotlandia. Rumah berusia 10.000 tahun ini ditemukan selama pekerjaan konstruksi berlangsung.

Dilansir BBC, Selasa (20/11/2012), situs peninggalan ini diyakini telah ada sejak periode Mesolitikum. Pekerjaan penggalian arkeolog ditempatkan di lapangan di wilayah Echline, Queensferry Selatan.

Sebuah lubang berbentuk oval besar dengan panjang hampir 7 meter, menandai sisa-sisa rumah purbakala tersebut. Arkeolog juga menemukan tungku, batu api serta panah, yang kemungkinan digunakan untuk berburu.

Rod McCullagh, arkeolog senior di Historic Scotland mengatakan, penemuan ini menambah informasi baru terkait analisis laboratorium untuk membantu peneliti memahami arsitektur bangunan yang didirikan di Skotlandia pada beberapa ribu tahun lalu.

"Penanggalan radiokarbon yang telah diambil dari situs ini menunjukkan bahwa ini adalah yang tertua dari jenisnya yang ditemukan di Skotlandia," ujar Rod.

Sisa-sisa rumah masa lampau ini menunjukkan struktur bangunan yang terbuat dari kayu, untuk mendukung dinding dan atap. Selain itu, arkeolog meyakini rumah purba ini menggunakan rumput sebagai pelapis di salah satu bagian rumah tersebut.

Beberapa tungku perapian internal juga diidentifikasi oleh peneliti. Ditemukan pula lebih dari 1.000 artefak batu yang ditemukan, termasuk bahan-bahan yang akan digunakan sebagai perkakas serta panah.

Tidak hanya itu, arkeolog juga menemukan sejumlah besar cangkang hazelnut (semacam buah kemiri) yang hangus terbakar. Ini menunjukkan bahwa hazelnut merupakan sumber makanan yang terpenting bagi penghuni rumah

0 komentar:

Posting Komentar