Selasa, 20 November 2012

Ilmuwan Temukan Planet "Monster" Super-Jupiter


detail berita
Super-Jupiter (Foto: Discovery)
CALIFORNIA - Para ilmuwan menemukan sebuah planet "monster" yang mereka sebut sebagai Super-Jupiter. Mereka menemukan planet yang berada di luar tata surya (exoplanet) ini menggunakan teleskop luar angkasa High Contrast Instrument, Subaru Next Generation Adaptive Optics (HiCIAO) dan Infrared Camera and Spectrograph (IRCS) di Jepang.

Dilansir Discovery, Rabu (21/11/2012), planet ini kabarnya memiliki berat 13 kali lipat lebih besar dari massa Jupiter. Namun mereka masih membutuhkan penelitian lebih dalam agar bisa menentukan apakah planet ini merupakan planet masif atau malah sebuah bintang gagal.

Berdasarkan hasil analisis spectroscopic dari cahaya yang dimiliki objek luar angkasa ini, planet "monster" tersusun dari gas dan serupa dengan gas raksasa exoplanet yang mengorbit pada bintang lainnya.

Objek luar angkasa ini juga umumnya dikenal sebagai brown dwarfs (kurcaci cokelat) yang merupakan bagian dari sampah bintang. Objek ini kemungkinan menjadi besar, tetapi mereka tidak cukup kuat untuk mempertahankan fusi nuklir di bagian inti.

Sementara itu, sebuah bintang tidak bisa bersinar tanpa fusi nuklir. Planet "monster" ini pun sering dianggap sebagai "jembatan" antara planet dan bintang-bintang. Meskipun demikian, ilmuwan mengatakan bahwa brown dwarfs mampu memiliki cahaya yang bisa mereka keluarkan sendiri.

Selama pembentukan, panas terjebak di dalam tubuh brown dwarfs dan memproduksi radiasi inframerah. Besarnya brown dwarfs kemungkinan menghasilkan panas dari rendahnya tingkat fusideuterium di bagian inti. Oleh karena itu, instrumen inframerah yang peka seperti Subaru IRCS diperlukan untuk menangkap langsung objek luar angkasa tersebut.

Kappa Andromedae, terletak di konstelasi Andromeda dan berjarak sekira 170 tahun cahaya. Bintang ini konon memiliki 2,5 kali lipat massa matahari dan sangat cerah serta muda.

Para astronom memperkirakan Kappa Andromedae berusia hanya 30 juta tahun. Ilmuwan mengatakan bahwa ini merupakan bintang exoplanet yang berusia sangat muda.

0 komentar:

Posting Komentar